Wednesday, April 18, 2012

Skandal Seks Raja Keraton Kasunanan Surakarta PB XIII

Skandal seks anak di bawah umur yang diduga melibatkan Raja Keraton Kasunanan Surakarta, Hangabehi sama sekali tak membuat luntur loyalitas dan rasa hormat abdi dalem. Salah satu abdi dalem yang enggan disebutkan namanya mengaku tetap bangga dengan PB XIII meski ia diduga terlibat skandal seks anak di bawah umur.

“Kalau saya sih nggak peduli dengan kabar itu. Saya tetap bangga dengan raja Keraton,” katanya kepada Espos saat berbincang di Siti Hinggil Keraton Kasunanan Surakarta, Rabu (18/4/2012).

Abdi dalem yang mengaku warga Kelurahan Sewu, Jebres, Solo tersebut bahkan tetap menjunjung tinggi Hangabehi jika kabar tersebut memang benar-benar terbukti.

Beredarnya kabar miring tentang Hangabehi diakuinya memang membuat resah kalangan abdi dalem keraton. Setiap hari, ibu yang bertugas di bagian pariwisata itu bahkan selalu menyempatkan diri membaca koran SOLOPOS meski dengan cara meminjam. “Ya, untuk melihat perkembangan informasi, saya selalu sempatkan baca koran SOLOPOS,” ujarnya jujur.

Meski demikian, ibu yang kini telah menjanda itu tetap berpendapat ada pihak-pihak luar yang sengaja menghancurkan keraton. Cara-cara yang dilakukanpun sangat beragam, salah satunya dengan menyebar fitnah kepada rajanya. “Saya yakin itu pasti orang ingin cari duit. Tapi, dengan cara nggak baik,” paparnya.

Sejak Hangabehi naik takhta menjadi PB XIII, abdi dalem tersebut mengaku sama sekali belum pernah melihatnya di Siti Hinggil Keraton, tempatnya berjaga selama ini. Ia juga jarang melihat rajanya itu berjalan-jalan sekadar menyapa abdi dalem yang bertugas di keraton. “Sejak menjadi raja, saya belum pernah sowan atau bicara secara langsung. Hanya melihatnya saja dari kejauhan saat jumenengan,” akunya

http://www.harianjogja.com/2012/berita-pilihan/skandal-seks-keraton-abdi-dalem-tetap-bangga-dengan-pb-xiii-179148


No comments:

Post a Comment