Monday, July 18, 2011

Pak Bupati: Sabung Ayam Itu Bukan Judi

Bupati Sabu Raijua Marthen Dira Tome menegaskan kebiasaan masyarakatnya melakukan sabung ayam bukanlah sebuah bentuk perjudian, tetapi sebuah bentuk budaya yang sudah sangat melekat dengan masyarakat di Pulau Sabu dan Raijua.

“Bagi kami orang Sabu, kegiatan sabung ayam itu untuk mempererat tali persaudaraan guna menghindari terjadinya pertikaian atau peperangan antarsuku di wilayah itu,” kata Dira Tome di Kupang, Senin (18/7/2011), terkait maraknya aksi sabung ayam yang dilakukan masyarakat Sabu Raijua.

Ia mengatakan aksi sabung ayam itu memang menggunakan uang sebagai taruhannya, tetapi uang itu hanya sebagai sarana semata, sehingga masyarakat kebanyakan kemudian menterjemahkan sebagai salah satu bentuk perjudian.

“Masyarakat umum berpendapat sabung ayam identik dengan perjudian. Namun, bagi kami orang Sabu Raijua sabung ayam merupakan ritual adat dan juga hiburan yang tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan sehari-hari,” katanya menambahkan.

Ia menjelaskan pada zaman dahulu pertikaian atau peperangan antarsuku sering terjadi karena berbagai faktor seperti masalah batas lahan, hasil pertanian dan perebutan ternak.

“Karena sering terjadi pertikaian dan peperangan antarsuku maka sesepuh adat seperti Monne Ama Deo Ray melakukan kegiatan preventif dengan menggelar kegiatan sabung ayam,” katanya menjelaskan makna sabung ayam tersebut.

Melalui kegiatan tersebut, kata Dira Tome, diharapkan dapat menghentikan pertumpahan darah antarsuku di Tanah Sabu dan Raijua serta menjadikan darah ayam tersebut sebagai kurban dalam perkara itu.

Sampai sejauh ini, tambahnya, sabung ayam masih memiliki nilai adat bagi masyarakat setelah berakhirnya musim panen.

Sebelum hasil panen dimasukkan ke dalam lumbung pangan, masyarakat selalu menyukurinya dengan kegiatan sabung ayam sebagai ungkapan syukur atas hasil panen yang diperoleh.

Ritual syukur ini disebut “nggaa pedakka” dan biasanya dilakukan pada pertengahan Juni atau Juli setiap tahun.

http://www.surya.co.id/2011/07/18/ah-kata-pak-bupati-sabung-ayam-itu-bukan-judi

No comments:

Post a Comment