Saturday, May 8, 2010

Tingkat Kelulusan SMP Biak Numfor, Papua,95,25%

Tingkat kelulusan ujian nasional (UN) sekolah menengah pertama dan sederajat di Kabupaten Biak Numfor, Papua, yang diumumkan pada Jumat (7/5) ini naik menjadi 95,25 persen dibandingkan dengan persentase tahun lalu sebanyak 89,42 persen.

Sekretaris Dinas Pendidikan Pemuda Olahraga (Disdikpora) Biak Kamaruddin, S.Pd. di Biak, Jumat, menyebutkan peserta UN tahun ini tercatat 2.422 siswa, sementara yang dinyatakan lulus sebanyak 2.307 siswa atau 95,25 persen.Dengan demikian, kata Kamaruddin yang juga Ketua Panitia Pelaksana UN Kabupaten Biak Numfor, terdapat 115 siswa yang tidak lulus sehingga mereka harus ikut UN ulangan.

Ia mengatakan peningkatan angka kelulusan UN tingkat SMP/MTs tahun ajaran ini berkat keseriusan jajaran Dinas Pendidikan, kepala sekolah, dan dewan guru yang menyiapkan penambahan jam belajar bagi siswa sebelum mengikuti ujian nasional.

Di samping itu, kata Kamaruddin, kebijakan Dinas Pendidikan perihal penambahan tenaga guru bantu pada mata pelajaran yang diujikan dalam UN juga memberi kontribusi yang signifikan.”Jajaran Dinas Pendidikan Biak memberikan apresiasi kepada sekolah maupun dewan guru yang telah menyiapkan proses belajar mengajar dengan baik sehingga tingkat kelulusan UN 2009/2010 meningkat,” katanya.

Menyinggung mata pelajaran yang menyebabkan siswa tidak lulus, Kamaruddin menjelaskan sebagian besar siswa tidak berhasil pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, atau nilainya tidak mencapai standar nasional kelulusan 5,50.”Sejumlah SMP yang terdapat di berbagai kampung dan distrik kekurangan guru mata pelajaran Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia,” kata Kamaruddin.

Pantauan hingga Jumat pagi pukul 07.15 WIT di berbagai SMP negeri dan swasta, sejumlah orang terlihat menunggu hasil UN yang diumumkan secara serentak pada pukul 11.00 WIT. Aktivitas warga masyarakat Biak sekitarnya menjelang pengumuman kelulusan siswa SMP/MTs tampak berjalan lancar seperti hari biasa.

http://www.surya.co.id/2010/05/07/tingkat-kelulusan-smp-biak-9525.html

No comments:

Post a Comment