Tuesday, November 9, 2010

Sebagian Muntilan Terancam Kelaparan

Warga Muntilan, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, terancam kelaparan akibat semakin tipisnya bahan makanan dan masih lumpuhnya kegiatan ekonomi, menyusul letusan Gunung Merapi, Jumat (5/11/2010).

Hal tersebut terlihat di posko darurat warga Desa Nglawisan, Ngrancak, Muntilan, Senin (8/11/2010). Mereka tidak mengungsi, melainkan tinggal di rumah, ketika letusan terjadi.

Mereka pun mengandalkan logistik sendiri, bukan bantuan seperti yang didapat di pengungsian. Masalahnya, selama dalam kondisi demikian, kegiatan ekonomi Muntilan lumpuh. Nah, ketika persediaan logistik dan uang menipis, warga kesulitan memenuhi kebutuhan.

Menurut Heru Keris, seorang warga Muntilan, puncak masalah terjadi pada Minggu (7/11/2010). Warga memutuskan mendirikan posko darurat dan meminta bantuan kepada orang dan kendaraan yang melintas.

"Sekarang keadaan aman. Namun, dengan keadaan sekarang, logistik kami hanya cukup untuk dua atau tiga hari lagi," ujar Heru. Posko darurat tersebut menampung sekitar 347 kepala keluarga, dengan jumlah jiwa 1.000 orang.

http://regional.kompas.com/read/2010/11/09/01355525/Sebagian.Muntilan.Terancam.Kelaparan

No comments:

Post a Comment