Monday, March 29, 2010

Museum Koruptor Chengdu

Seorang warga China berencana membuka sebuah museum korupsi di Chengdu. Fan Jianchuan, penggagas museum itu, akan meminta masyarakat untuk menominasikan 100 pejabat paling korup abad ini.

Menurut kantor berita Xinhua, Fan yang juga mengelola sebuah museum pribadi, telah mengumpulkan sejumlah benda untuk museum yang akan diberinya nama Museum Pengkhianat’ Ide pendirian museum itu didapat dari masukan pengguna internet. “Mulai sekarang museum itu akan menerima nama-nama dari publik. Masyarakat juga yang akan memilih melalui situs museum,” jelas Fan.

Yang menjadi kekhawatiran utama Fan adalah perhatian masyarakat hingga mereka bakal menghujaninya dengan berbagai saran. “Tentu saja tempatnya terbatas, karena kami juga harus mempertimbangkan tingkat korupsinya,” imbuh Fan.

Fan menyelipkan kriteria untuk menentukan 100 orang paling korup. Antara lain, posisi yang bersangkutan, jumlah yang dikorupsi, caranya ‘mencuri’ uang negara itu, serta situasi dan dampak perbuatannya.

Ia mengatakan, akan meminta dukungan dari Komisi Disiplin Partai Komunis China. Dengan demikian, museum tersebut bisa menjadi pusat pembelajaran tentang gerakan antikorupsi di negeri itu Usulan unik lain yang diajukan Fan adalah penyelenggaraan tur Museum Pengkhianat itu untuk para narapidana.

Hingga kini belum ada kepastian kapan museum itu dibuka untuk umum. Museum Pengkhianat itu menjadi bagian sebuah kompleks museum tentang Revolusi Komunis dan perang China melawan Jepang pada Perang Dunia II

http://www.surya.co.id/2010/03/29/museum-koruptor.html

No comments:

Post a Comment