Tuesday, March 16, 2010

Depot Air Minum Tak Rutin Uji Kualitas Air

Beberapa depot air minum, ternyata ternyata tidak secara rutin memeriksakan kualitas air minumnya. Bahkan ada depot yang tidak dapat menunjukkan surat keterangan dari Puskesmas atau Departeman Kesehatan mengenai uji bakteriologi.

Salah satu depot air minum di bilangan Timoho Yogyakarta misalnya. Meskipun dapat menunjukkan surat, namun diketahui tanggal pemeriksaan terakhir tertera pada bulan Juli 2009. Padahal, seharusnya setiap bulan tempat usaha air minum melakukan uji bakteriologi, guna menjaga kualitas air. "Kami melakukan pemeriksaan tiap tiga bulan sekali. Petugasnya datang ke sini danmengambil sampel air. Ini dilakukan agar pembeli tidak ragu. Pembersihan filter air pun dilakuka rutin, seminggu sekali, agar air tetap bersih," ujar penjaga depot tersebut, Handoko (30), Senin (15/3).

Sementara, hal yang sama juga terjadi di depot pengisian air mineral di kawasan Mrican, Sleman. Sebuah depot yang ditemui, bahkan sama sekali tidak dapat menunjukkan surat uji bakteriologi. Ketika ditanya, Aan (20) seorang penjaganya mengaku tidak mengetahui sama sekali mengenai persyaratan uji bakteriologi tersebut. "Kalau di sini, air diuji pakai alat sendiri, yang namanya TDS. Pembeli bisa melihat langsung hasilnya, biasanya kadar kotoranya satu sampai sepuluh, di alat itu. Kadang kalau filternya agak kotor, ya bisa sampai sepuluh. Kalau bersih ya nol. Seminggu sekali filternya dibersihkan. Memang sedikit ada kandungan loga dan lumut, tapi tidak berbahaya," ujarnya.

Sedangkan depot lain, masih di daerah utara Mrican, memasang dengan jelas surat dari Dinas Kesehatan Sleman. Depot ini dapat menunjukkan surat terkini, yang menunjukkan tidak ada bakteri coli total maupun coli tinja di dalam sampel air minum, pada bulan Februari 2010. Depot ini pun bahkan dapat menunjukkan hasil uji kimiawinya. "Di sini air rutin diperiksa. Kebersihan alat pun dijaga. Kalau ramai sebukan filter dibersihkan enam kali. Kalau ngga rame ya cukup empat kali," uajar Rian (21) penjaga depot tersebut.

http://www.krjogja.com/news/detail/24296/Depot.Air.Minum.Tak.Rutin.Uji.Kualitas.Air.html

No comments:

Post a Comment