Friday, April 16, 2010

Plagiarisme Doktor ITB Lakukan Plagiat, Zuliansyah Minta Maaf dan Siap Bertanggungjawab

Mochammad Zuliansyah, doktor lulusan ITB yang tersandung kasus plagiarisme, mengakui perbuatannya. Zuliansyah menyampaikan permohonan maaf serta bersedia bertanggungjawab sepenuhnya tanpa membawa-bawa ketiga pembimbingnya.

"Saya sangat merasa bersalah, dan saya pribadi akan bertanggung jawab sepenuhnya atas kejadian ini," tulis Zuliansyah dalam surat pernyataan yang dikirimkan kepada detikcom, Jumat (16/4/2010).

Dia mengakui plagiarisme yang dilakukannya murni kesalahan dan keteledorannya sendiri yang tanpa campur tangan dan di luar sepengetahuan ketiga pembimbingnya yakni Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng, DR. Ir. Yoga Priyana, dan DR. Ir. Carmadi Machbub.

"Mohon maaf sebesar-besarnya kepada para pembimbing, STEI, dan seluruh civitas academika ITB beserta ikatan alumni ITB," sesalnya.

"Kejadian tersebut sepenuhnya terjadi akibat keteledoran saya dalam mixing content antara penelitian saya dan referensi, sehingga terjadi pengiriman paper yang sama persis dengan referensi saya," imbuh pria yang akhirnya memilih mengundurkan diri sebagai CPNS dosen ITB setelah kasus ini merebak pada tahun 2008.

Heboh plagiarisme doktor-doktor ITB ini berawal dari situs ieeexplore.ieee.org. Situs tersebut memasang sebuah pengumuman soal pelanggaran prinsip-prinsip publikasi dari IEEE bertajuk "Notice of Violation of IEEE Publication Principles".

Disebutkan makalah plagiat itu berjudul '3D Topological Relations for 3D Spatial Analysis' yang dibuat oleh 4 doktor ITB yaitu Mochammad Zuliansyah, Prof. Dr. Ir. Suhono Harso Supangkat, M.Eng, DR. Ir. Yoga Priyana, dan DR. Ir. Carmadi Machbub.

Makalah ini dipublikasikan dalam Konferensi IEEE tentang ini Cybernetics and Intelligent Systems pada 2008, di Chengdu, China. "Makalah ini hampir seluruhnya menduplikasi makalah lain. Teks asli dikopi tanpa menyebut sumber," demikian keterangan di situs itu.

Makalah asli yang dijiplak adalah 'On 3D Topological Relationships'. Makalah ini dibuat ilmuwan lain yaitu Siyka Zlatanova, dan sudah dipublikasikan dalam 11th International Workshop on Database and Expert System Applications, terbitan tahun 2000 silam. Alias 8 tahun sebelum 4 doktor ITB ini menerbitkan makalahnya.
http://www.detiknews.com/read/2010/04/16/011917/1339359/10/lakukan-plagiat-zuliansyah-minta-maaf-dan-siap-bertanggungjawab?991102605

No comments:

Post a Comment