Wednesday, April 28, 2010

Ternyata, Ada 5 SMA DIY Lulus Nol Persen

Kementerian Pendidikan mengungkapkan ada lima sekolah menengah atas (SMA) di Provinsi DIY memiliki tingkat kelulusan nol persen. Kelimanya adalah SMA BOPKRI 3, SMA Perak Kota Yogyakarta, SMA Pembangunan 4 Playen Gunung Kidul, SMA Binatama dan SMA Ikip Veteran Sleman Yogyakarta.

Terhadap kondisi ini, Kemendiknas akan menerapkan kebijakan khusus. Demikian disampaikan oleh Menteri Pendidikan Nasional, Muhammad Nuh di Jakarta, Selasa (27/4). Menurutnya, secara nasional ada 267 SMA atau 7.648 siswa yang tidak mampu meluluskan siswanya dalam ujian nasional (UN).

Mendiknas menuturkan sekolah dan siswa yang tidak lulus UN ada di Kalimantan Timur sebanyak 39 SMA dengan 1158 siswa, lalu DKI ada 10 SMA dengan 143 siswa, Jawa Tengah 10 SMA dengan 149 siswa dan 5 SMA dengan 91 siswa. Sedangkan untuk SMA di Jawa Tengah ada SMA Mangunkarsa Semarang, SMA Ala Abidin Surakarta, SMA Jenderal Sudirman, SMA Bahari, SMA Kampung Laut, MA Maarif Nurul Huda Patimuan. Ada juga MA Ma'arif Darul Aman Pringsurat Temanggung dan SMA Muhammadiyah 3 Boyolali.

"Untuk mata pelajaran yang mengganjal kelulusan siswa adalah Bahasa Indonesia untuk semua jurusan. Ada 28,57 % siswa IPA yang tidak lulus Bahasa Indonesia, siswa IPS 37,87 % dan siswa bahasa sendiri 62,28 %," paparnya.

Terhadap kondisi ini, Mendiknas akan melakukan intervensi kepada sekolah seperti penambahan dana bantuan operasional sekolah, peningkatan pendidikan dan pelatihan guru hingga sarana infrastruktur lainnya. Kondisi ini menjadi salah satu penyebab kegagalan siswa dalam UN.

"Dengan hasil pemetaan secara rinci ini kami berharap intervensi yang cocok akan bisa menjadi solusi memperbaiki mutu pendidikan secara nasional," tandasnya.

http://www.krjogja.com/news/detail/30408/Ternyata..Ada.5.SMA.DIY.Lulus.Nol.Persen.html

No comments:

Post a Comment