Saturday, April 24, 2010

Timika,Warga Bakar Jenazah Korban Bentrokan

Suasana di Kelurahan Harapan, Kwamki Lama, Timika, Papua, Jumat (23/4), kembali memanas. Ini setelah Agustinus Kinal, warga Kompleks Mambruk, tewas saat bentrokan atau perang.

Korban sebenarnya sempat mendapat perawatan di Jayapura, namun akhirnya meninggal. Jenazah Agustinus kemarin dibakar warga sesuai adat Pegunungan Tengah Papua. Dimana warga yang tewas saat bentrokan atau perang, jenazahnya dibakar.

Dalam prosesi ini, ratusan warga berkumpul sambil membawa panah dan melakukan buang suara sebagai pemberitahuan ada warga mereka yang dibakar sekaligus tantangan perang. Usai buang suara dan sempat dibalas warga Tunikama, warga Mambruk kembali berkumpul di rumah duka.

Untuk menyelesaikan konflik, DPRD Mimika dan pemerintah daerah telah merekomendasikan untuk dilakukan pemekaran Kelurahan Kwamki Lama. Diharapkan dengan pemekaran ini banyak proyek pembangunan yang bisa melibatkan warga sehingga warga tak lagi sibuk berperang. http://berita.liputan6.com/daerah/201004/273957/Warga.Bakar.Jenazah.Korban.Bentrokan

No comments:

Post a Comment