Thursday, April 22, 2010

JOGJA: : Seorang pemuda bakar diri di Jetis

Aksi bunuh diri dengan cara menyiram bensin ke tubuh dan membakar diri dilakukan Erlan Haryanto, 29, warga Blora Jawa Tengah yang tinggal di Mundusaren, Condongatur, Depok, Sleman Senin (19/4) sore.

Aksi nekat tersebut dilakukan di halaman rumah mantan pacarnya bernama Yulita yang biasa disapa Leta di Jetisharjo Jetis, Jogja. Akibat peristiwa tersebut, pemilik rumah yang merupakan Ketua RW 05 Jetisharjo, Jetis, Jogja menderita luka bakar serius karena berusaha menolong. Hingga kini kasus ini masih dilakukan penyelidikan oleh polisi.

Aksi bunuh diri tersebut terjadi di halaman rumah Suharso, 54, warga Jetisharjo, Jetis, Jogja sekaligus Ketua RW 05, Jetisharjo, Jetis, Jogja sekitar pukul 16.30 WIB kemarin. Menurut Ketua RT 22 RW 05 Jetisharjo, Jetis, Jogja Totok Suroso, peristiwa bakar diri dilakukan dengan menggunakan bensin yang sebelumnya dibawa oleh pelaku dengan menggunakan galon air mineral. Bensin yang diperkirakan lebih dari 10 liter tersebut kemudian disiramkan ke tubuh pelaku yang kemudian menyulut dengan api.

“Sekitar pukul 16.30 WIB tiba-tiba saya mendengar teriakan ada kebakaran, setelah saya mendekati kerumunan ternyata ada orang yang sudah terbakar, seluruh tubuh sudah penuh dengan api lalu pelaku sempat masuk rumah lalu keluar lagi,” papar Totok.

Warga sekitar yang menyaksikan kejadian tersebut, sudah berupaya melakukan pertolongan dengan menyiramkan air ke tubuh korban. Kendati demikian karena api terlalu besar, maka upaya tersebut tidak berhasil.

Dikatakan oleh Totok, pelaku yang sempat masuk ke dalam rumah tersebut berusaha untuk memeluk Yulita, yang dikatakan mantan pacar pelaku bunuh diri. Namun oleh Suharso, dilerai dan justru Suharso ikut terbakar serius pada bagian kaki, tangan serta sebagian tubuhnya. Selain itu, akibat pelaku masuk ke dalam rumah, sekitar 25 % bagian dalam rumah ikut terbakar.

Warga kemudian berhasil memadamkan api di tubuh Erlan. Tubuh yang sudah dalam keadaan gosong tersebut diketahui sudah tak bernyawa di halaman rumah Leta. Oleh polisi yang kemudian tiba di tempat kejadian perkara (TKP) setelah mendapatkan laporan dari warga, jenazah dibawa ke RSUP Sardjito.

Agus Paryoko, tetangga korban mengatakan, pelaku bunuh diri tersebut mantan pacar Leta. Leta, 27, merupakan anak perempuan Suharso yang bekerja sebagai Sales Promotion Girl (SPG). Menurut dia, Leta yang sudah menjanda dari suaminya terdahulu Samsul Arifin sekitar empat tahun lalu sudah memiliki anak perempuan berusia 10 tahun.

“Dari informasi tadi, orang yang bakar diri itu adalah mantan pacarnya mbak Leta sebelum punya suami, saya juga kurang tau persis penyebabnya dia bunuh diri,” imbuhnya.

Saat melakukan pemeriksaan tempat kejadian perkara, Kapoltabes Jogja Kombespol Ahmad Dofiri didampingi oleh Kanit Reskrim Mapoltabes Jogja Kompol Saiful Anwar mengatakan, dugaan sementara peristiwa tersebut dilatarbelakangi oleh faktor asmara. “Dugaan sementara karena faktor asmara. Saat ini kami masih melakukan pemeriksaan terhadap sejumlah saksi terkait, namun mengingat sebagian orang masih dalam kondisi shock kami juga harus menjaganya,” terang Dofiri.( http://harianjogja.com/web2/beritas/detailberita/14035/seorang-pemuda-bakar-diri-di-jetisview.html

No comments:

Post a Comment