Friday, April 30, 2010

PNS Lulusan Sarjana Jadi Tenaga Kebersihan

Seorang pegawai negeri sipil (PNS) dengan golongan pangkat III/a, yang bekerja pada Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Riau, menjadi pelayan kebersihan di kantor yang mengurusi dunia pendidikan itu.

PNS itu bernama Jack Lord (31), lulusan terbaik pada Jurusan Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Negeri Riau (UNRI) dengan indeks prestasi kumulatif 3,75.

“Meski saya telah sarjana dan melakukan penyesuaian kepangkatan III/a, namun tugas keseharian saya masih menjadi petugas kebersihan di LPMP Riau,” ujar Jack, kepada wartawan di Pekanbaru, Rabu (28/4).

Menurut pemuda kelahiran Kota Tanjung Pinang, Kepulauan Riau, pada 6 Maret 1979 itu, dirinya telah mendapatkan diskriminasi di tempatnya bekerja.

Dia menjelaskan, ketika dirinya lolos menjadi calon PNS tahun 2002, setahun kemudian dirinya dipaksa untuk menandatangani surat pernyataan, yang antara lain isinya menyebutkan dia sebagai tenaga kebersihan, pengelola asrama dan satuan pengamanan di instansi itu.

Selain itu, dalam surat pernyataan bermaterai Rp 6.000 itu juga dijelaskan bahwa dirinya tidak akan menuntut penyesuaian ijazah yang diperolehnya di kemudian hari, dan bersedia mematuhi segala peraturan yang ada di instansi pendidikan itu.

“Saya dipaksa harus meneken semua pernyataan itu dengan ancaman Surat Kelulusan (SK) PNS saya tidak diberikan jika tidak tidak meneken surat itu pada 10 Februari 2003, dari waktu pernyataan itu disodorkan pada saya 7 Januari 2003,” katanya.

“SK penyesuaian saya telah ditandatangai oleh Kementerian Pendidikan Nasional tahun 2007, namun surat itu tidak disampaikan kepada saya dan baru saya ketahui setahun kemudian. Kendati demikian tugas keseharian saya masih menjadi tenaga kebersihan,” ujar Jack.

Pihak LPMP Riau membantah tudingan yang dilontarkan oleh pegawainya itu. “Ketika masuk memang dia (Jack) menandatangani surat pernyataan, namun bukan berarti kami tidak merespon keinginan beliau sesuai jenjang karir,” kata Kepala LPMP Riau, Zainal Arifin.

“Namun masalahnya Jack merupakan lulusan ilmu pemerintahan, sedangkan kualifikasi dengan jurusan itu tidak ada di LPMP sehingga dia kami tempatkan sebagai penanggung jawab penata ruang kelas dan ruang kuliah,” katanya lagi.

http://www.surya.co.id/2010/04/29/pns-lulusan-sarjana-jadi-tenaga-kebersihan.html

No comments:

Post a Comment