Monday, March 8, 2010

Rekayasa Pidana, Percuma Lapor Polisi

Novel Ali, anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas), mengatakan, banyak dari masyarakat yang melapor ke Kompolnas soal polisi adalah terkait dugaan rekayasa pidana. Namun, masih ada keseganan yang besar di kalangan masyarakat untuk membuat pengaduan resmi ke kepolisian dengan alasan hal itu tidak berguna.

Menurut Novel, Minggu (7/3/2010) kemarin, pengaduan yang masuk ke Kompolnas terkait upaya rekayasa oleh oknum polisi sudah teramat sering terjadi. Banyak dari kasus yang direkayasa itu juga terkait masalah narkoba.

Namun, karena sebagian besar pengadu enggan melaporkan secara resmi, menjadi sulit pula jika kasus itu hendak diproses. Kepercayaan masyarakat bahwa pengaduan dugaan rekayasa dapat diproses secara adil masih rendah.

”Karena itu, penting sekali praktik seperti itu ditindak setegas mungkin, diantisipasi jangan terjadi lagi, dan diperlukan sidang internal menyangkut kasus rekayasa oleh oknum polisi dilangsungkan secara terbuka. Upaya serius harus ditunjukkan, bukan sekadar kosmetik,” ujar Novel http://nasional.kompas.com/read/2010/03/08/08363198/Rekayasa.Pidana..Percuma.Lapor.Polisi

No comments:

Post a Comment